Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Yuk, Konsumsi Jantung Pisang Untuk Jaga Jantung Sehat!

Yuk, Konsumsi Jantung Pisang Untuk Jaga Jantung Sehat! Gara-gara hari ini saya masak jantung pisang di rumah, jadi kepikiran buat mencari tahu lebih banyak tentang dia. Kalau ditanya soal rasanya saya yakin banyak yang akan sepakat rasanya enak. Cara mengolahnya pun gampang. Tapi apa rahasia di balik si buah pohon pisang ini lebih dalam?

Saya baru mendengar yang disebut dengan Flavonoid. Flavonoid adalah senyawa yang terkandung dalam jantung pisang yang berfungsi sebagai anti-radikal bebas, anti penuaan dini dan anti kanker. Baru manfaat yang ini saja sudah luar biasa, apalagi kalau lihat yang berikut:

Banyak Khasiatnya Bagi Wanita

Kadar hormon progesteron dalam darah akan bertambah jika rutin mengonsumsi jantung pisang. Efek baiknya nyeri atau pendarahan berlebih setiap bulan akibat menstruasi akan teratasi. Tak heran jika rahim Anda pun akan senantiasa sehat dan fit.

Konsumsi jantung pisang akan baik pula bagi ibu hamil dan menyusui yang rawan sembelit. Kadar serat yang tinggi akan memudahkan BAB sang ibu sehingga perutnya tetap akan nyaman meski sedang hamil atau menyusui. Jangan kuatir pula kekurang pasokan ASI. Karena produksi ASI ibu menyusui akan meningkat dengan mengonsumsi ini.

Anti Depresi Alami

Anda sedang merasa sedih dan galau secara berlebihan? Coba masukan jantung pisang pada menu favorit Anda. Salah satu khasiatnya adalah mengurangi kecemasan, atau anti depresi tanpa efek samping.

Anti Radikal Bebas
Senyawa metanol pada jantung pisang berfungsi sebagai antioksidan. Umumnya radikal bebas akan bisa mengatasi aneka penyakit berat, misalnya kanker, dan penyakit saraf berat seperti Alzheimer dan Parkinson.

Ingin Selalu Awet Muda

Menjadi tua itu pasti, namun bukan berarti abai dengan kesehatan kulit. Saat ini banyak wanita ketakutan kalau terlihat lebih tua dari usianya. Keriput sedikit langsung disuntikan obat pengencang di salon kecantikan. Syaratnya satu kalau punya uang lebih.

Tapi ternyata tetap awet muda hingga usia tua sangat mungkin dilakukan dengan cara alami hanya dengan rutin mengonsumsi olahan jantung pisang. Konsumsi jantung pisang dapat menambah kadar antioksidan dan vitamin C dalam tubuh yang baik untuk menjaga kesehatan dan awet mudanya kulit Anda.

Tips Mengolah Jantung Pisang

Jantung pisang dapat diolah menjadi tumisan atau sayur yang enak rasanya. Bumbu pelengkapnya pun tidak sulit, hanya dasar bawang merah dan putih. Kalau saya, lebih memilih ditambahkan cabai untuk memberi rasa pedas yang menguggah selera.

Sekedar tips bagi yang ingin mengonsumsinya tapi belum paham cara mengolahnya. Pastikan jantung pisang yang Anda makan diperoleh bukan dari Pisang Ambon sebab jantung pisangnya berasa pahit. Carilah jantung pisang dari jenis lain yang lebih enak dimakan, misalnya pisang klutuk, pisang kapok, pisang siam atau pisang raja.

Pilih jantung yang sudah tua. Colek sedikit getahnya, jika pahit berarti layak untuk diolah. Konsumsi jantung pisang dengan mengambil bagian terdalam saja, sebab bagian yang merah biasanya bergetah dan tak enak dimakan. Kemudian rebus dengan garam dalam potong kecil menjadi beberapa bagian.

Sebenarnya mudah mengolah jantung pisang asal tahu triknya. Sayangnya, dari penampakan jantung pisang yang cenderung hitam sering membuat orang jadi malas mendekat. Padahal ada tips mudah supaya warna hitamnya hilang. Anda cukup merebusnya berkali-kali lalu meremas menghilangkan airnya. Saat air rebusan tidak lagi berwarna hitam maka artinya jantung pisang sudah siap diolah.

Demikian sekilas info mengenai jantung pisang. Kini tak perlu ragu lagi konsumsi jantung pisang sebagai menu andalan keluarga Anda.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)