Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Sederet Makanan Untuk Darah Rendah

Sederet Makanan Untuk Darah Rendah. Seseorang yang mengalami penyakit darah rendah dapat merasakan pusing, lemas, mual dan pandangan berkunang-kunang. Pada penderita yang lebih parah dapat menyebabkan jantung berdebar kencang dan pingsan. Oleh karena itu penderita yang mengalami darah rendah tidak dapat dianggap sepele.

Penderita yang darah rendah atau hipotensi memiliki tekanan darah di bawah normal. Tekanan darah normal yaitu 120/80 mmHg sedangkan penderita hipotensi mempunyai angka tekanan darah di bawah itu. Tekanan darah rendah dapat disebabkan akibat kekurangan nutrisi, dehidrasi dan menderita penyakit tertentu. Bisa juga akibat keturunan.

Untuk mencegah darah rendah dan mengatasi darah rendah sebaiknya memang berkonsultasi ke dokter. Namun ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk meningkatkan tekanan darah agar menjadi normal. Berikut deretan makanan untuk darah rendah yang wajib dikonsumsi.

Makanan Kaya Asam Folat
Umumnya penderita darah rendah kekurangan zat asam folat di dalam tubuhnya. Untuk mencegah dan meningkatkan tekanan darah dapat konsumsi makanan yang mengandung asam folat berkadar tinggi. Contoh makanan yang mengandung tinggi asam folat yaitu bayam, brokoli, alpukat dan pisang.

Makanan Kaya Vitamin B12
Makanan yang mengandung vitamin lengkap harus dipenuhi untuk asupan setiap hari agar sehat dan tidak kekurangan nutrisi. Semua nutrisi berupa vitamin dan mineral dibutuhkan untuk metabolisme tubuh. Kekurangan satu macam nutrisi dapat mengakibatkan penyakit. Misalnya kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Makanan untuk darah rendah yang mengandung vitamin B12 dengan kadar tinggi wajib dikonsumsi setiap hari. Contoh makanan tinggi vitamin B12 yaitu daging merah, ikan, seafood, telur, daging ayam dan susu. Ikan yang paling tinggi mengandung vitamin B12 yaitu ikan salmon dan ikan tuna. Seafood seperti kerang dan kepiting bagus untuk darah rendah.

Makanan Kaya Natrium
Natrium dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kelangsungan proses metabolisme tubuh. Jika kekurangan natrium di dalam tubuh maka akan cenderung mengalami tekanan darah rendah. Natrium dapat diperoleh dari makanan yang berkadar garam tinggi. Namun tidak semua makanan yang berasa asin mengandung natrium untuk penderita darah rendah.

Untuk meningkatkan tekanan darah yang normal maka penderita harus konsumsi makanan berkadar garam tinggi. Makanan untuk darah rendah yang mengandung natrium tinggi yaitu daging asap, keju dan sarden. Keju merupakan olahan susu yang kaya natrium dan bagus untuk dikonsumsi setiap hari bagi penderita darah rendah.

Makanan Mengandung Sodium
Makanan yang mengandung sodium disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita darah rendah. Makanan yang mengandung kadar sodium tinggi yaitu buah zaitun. Tekanan darah dapat meningkat jika makan buah zaitun yang segar. Tetapi jika sulit mendapatkan buah zaitun segar maka dapat konsumsi minyak zaitun.

Minyak zaitun mudah ditemui dalam bentuk yang murni. Biasanya minyak zaitun dicampurkan dalam salad untuk memberikan rasa lezat. Tetapi bisa juga langsung minum minyak zaitun secara langsung sebanyak 1-2 sendok makan setiap hari. Minyak zaitun dapat menjadi menu pelengkap untuk penderita hipotensi.

Buah-buahan
Buah-buahan yang mengandung kadar air tinggi dapat menambah cairan tubuh. Tekana darah dapat menurun jika terjadi dehidrasi yang berat. Oleh sebab itu kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membantu bagi penderita tekanan darah rendah. Buah bit juga dapat dipakai sebagai tambahan nutrisi penderita darah rendah.

Makanan untuk darah rendah sebaiknya dikonsumsi secara teratur setiap hari. Asupan nutrisi yang lengkap akan sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh menjadi sehat. Yang paling penting adalah menjaga asupan bernutrisi lengkap agar tekanan darah selalu normal.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)