Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Penting Untuk Diperhatikan! Inilah Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi

Penting Untuk Diperhatikan! Inilah Makanan Untuk Menurunkan Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi. Penerapan pola makan yang baik sangat penting bagi oenderita darah tinggi (hipertensi). Hal itu bertujuan untuk mengurangi risiko terserang berbagai penyakit lanjutan lainnya. Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini mengacu pada tekanan dari di dinding arteri manusia. Lama kelamaan, hipertensi bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi rusak. Sehingga akan mudah timbul berbagai penyakit lainnya, seperti stroke, ginjal, jantung, dan penyakit lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menderita hipertensi, di antaranya yaitu riwayat keluarga dan usia. Ada juga faktor lain yang bisa menjadi penyebab hipertensi, yang sebenarnya bisa dicegah oleh orang tersebut, yaitu pola hidup. Rutin melakukan olah raga dan diet sehat bisa mengurangi resiko terkena penyakit hipertensi.
Sebagian dari orang akan tidak menyadari yang mereka makan setiap harinya itu, apalagi isi kandungan dari makanan tersebut. Bagi Anda yang berkeinginan untuk bisa menjaga agar tekanan darah bisa tetap di kisaran normal, maka Anda bisa untuk memulai menjalani berbagai kebiasaan yang memperhatikan lebih seksama berbagai macam asupan makanan serta kandungan dari makanan tersebut. Diet sehat bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium, serat, dan kalium. Adapun makanan untuk menurunkan hipertensi yaitu:

Biji-Bijian
Biji-bijian memgandung banyak magnesium, kalium, serta mineral yang berfungsi menurunkan tekanan darah tinggi. Anda bisa mengonsumsi seperempat cangkir biji labu, atau bunga matahari sebagai cemilan di antara waktu makan.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau memiliki banyak kandungan kalium yang berfungsi menyingkirkan natrium melalui urine, serta menurunkan hipertensi. Sayuran hijau yang mengandung banyak kalium di antaranya adalah arugula, selada romaine, lobak hijau, kubis, bit hijau, bayam, dan sejenis sawi. Sayuran hijau bisa dijus bersama pisang dan susu kacang, untuk mendapatkan makanan sehat dan manis.

Pisang
Buah yang banyak dijumpai ini merupakan salah satu makanan untuk menurunkan hipertensi. Pisang lebih baik daripada suplemen. Buah yang satu ini juga mengandung banyak kalium. Anda bisa mengirisnya menjadi sereal, atau merebusnya bersama telur sebagai menu sarapan pagi.

Berry
Buah sejenis berry, khususnya blueberry, mengandung banyak flavonoid (senyawa alami). Flavonoid terbukti tak hanya dapat mencegah hipertensi, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Anda mungkin perlu menambahkan blueberry atau strawberry ke dalam menu makanan sehari-hari. Anda bisa mencampurkannya ke dalam sereal, atau menjadikannya sebagai buah beku untuk hidangan penutup.

Bawang Putih
Dari sebuah studi disebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih bisa meningkatkan oksida nitrat di tubuh dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Rempah-Rempah
Rempah-rempah juga merupakan makanan untuk menurunkan hipertensi. Kayu manis, rosemari, kemangi, dll dipercaya bisa menurunkan hipertensi. Anda bisa memasukkan rempah-rempah tersebut ke dalam masakan, untuk mendapatkan aroma lezat dan makanan yang sehat.

Delima
Buah sehat ini bisa dinikmati sebagai jus atau pun langsung dimakan mentah. Mengonsumsi satu cangkir jus delima setiap hari selama satu bulan, bisa menurunkan tekanan darah ringgi dalam waktu singkat. Namun, pastikan kandungan gula pada jus delima yang Anda beli, karena gula bisa menurunkan manfaat kesehatan.

Minyak Zaitun Oil
Lemak jenis ini sangat sehat ini karena mengandung polifenol. Hal ini merupakan senyawa peradangan yang berguna untuk bisa mengurangi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa makanan untuk menurunkan hipertensi yang patut Anda coba. Pola hidup sehat adalah poin utama untuk terhindar dari berbagai penyakit, termasuk hipertensi. Maka, jangan ragu untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kegiatan dan makanan sehari-hari.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)