Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Ini Manfaat Air Rendaman Jahe yang Belum Banyak Orang Tahu

Ini Manfaat Air Rendaman Jahe yang Belum Banyak Orang Tahu – Selama ini jahe dikenal sebagai tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Saat cuaca dingin, orang sering kali membuat minuman jahe untuk menghangatkan tubuh mereka atau sekedar mencegah penyakit flu dan masuk angin. Namun, tahukan Anda bahwa sebenarnya jahe tidak boleh direbus?.

Jahe memiliki senyawa aktif yaitu flavonoid dan saponin yang berfungsi sebagai anti jamur, anti inflamasi, bahkan anti kanker. Sayangnya, senyawa ini bisa rusak jika terkena suhu panas, yang mendekati 100°C. Karenanya, jahe tidak boleh direbus, melainkan hanya boleh direndam dengan air bersuhu 60-70°C. Berikut manfaat air rendaman jahe bagi kesehatan tubuh manusia.

Mengurangi Rasa Nyeri
Rasa nyeri pada sendi atau akibat radang seringkali mengganggu aktivitas, untuk meredakan sakit nyeri pada tulang dan persendian, Anda bisa mulai mencoba rutin meminum air rendaman jahe. Selain itu, air rendaman jahe juga bermanfaat untuk mencegah penyakit keropos tulang atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis.

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah dan Berat Badan
Jahe sebagai tanaman yang beraroma khas dengan rasanya yang pedas ternyata terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, bagi Anda yang punya masalah dengan berat badan, cobalah untuk menambahkan lemon ke dalam air rendaman jahe.

Karena infused water jahe dengan lemon terbukti efektif menurunkan berat badan dan membuat perut menjadi lebih langsing dan rata.
Melancarkan Sirkulasi Darah
Manfaat air rendaman jahe lainnya adalah melancarkan sirkulasi darah, karena kandungan kromium, seng, magnesium serta nutrisi lain di dalam jahe efektif menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar dan stabil.

Mengatasi Mual
Bagi Anda yang sering mual di pagi dan malam hari akibat cuaca dingin, air rendaman jahe dapat mencegah hal tersebut sering terjadi. Karena dalam jahe terdapat senyawa gingerol yang berfungsi sebagai obat.
Minum jahe secara rutin mampu mencegah rasa mual datang dan mengobati gejala masuk angin atau penyakit lainnya.

Mencegah Flu
Jahe yang memiliki sifat anti bakteri, anti virus, anti inflamasi dan sebagai analgesik tidak hanya mampu mencegah datangnya virus flu, tetapi juga melawan penyakit tersebut. bahkan jika Anda terlanjur terkena flu, jahe akan membantu menyembuhkan sakit flu dengan segera.
Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisi yang terdapat pada jahe bersifat ekspektoran dan efektif mengobati sistem pernafasan yang terganggu.

Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker
Salah satu manfaat air rendaman jahe yang cukup dahsyat bagi kesehatan tubuh manusia adalah memperlambat pertumbuhan sel kanker. Beragam hasil penelitian menunjukkan bahwa air rendaman jahe mampu mencegah dan melawan sel kanker, dinataranya kanker ovarium, kanker pankreas dan kanker usus besar.

Mencegah Risiko Penyakit Jantung
Penyakit jantung masih merupakan penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Risiko terkena penyakit ini, tidak hanya pada orang dewasa saja tetapi juga pada anak-anak. Jahe dengan khasiatnya memperlancar peredaran darah dan menjaga kadar kolesterol, secara otomatis bermanfaat juga bagi jantung.

Karena ketika kadar kolesterol terjaga dan sistem peredaran darah stabil, maka jantung pun menjadi sehat. Hal ini juga berlaku pada penyakit kardiovaskuler lainnya.

Demikian beberapa manfaat air rendaman jahe yang belum banyak diketahui orang. Bagi Anda yang ingin hidup lebih sehat lagi, mulailah dari sekarang untuk rutin mengkonsumsi air rendaman jahe. Jadi, apakah Anda mau mencobanya?

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)