Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Cara Tepat Mencegah Diare Pada Anak Yang Efectif

Cara Tepat Mencegah Diare Anak. Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan buang air besar yang lebih encer dan terjadi berulang kali. Diare dapat terjadi pada semua usia yaitu orang dewasa dan anak-anak. Umumnya diare disertai perut yang terasa tidak nyaman dan mulas. Diare dapat juga bercampur dengan darah pada penyakit tertentu.

Anak-anak yang mengalami diare biasanya akan terlihat lemas dan lesu. Jika tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan dehidrasi yang akhirnya berakibat fatal. Diare yang terjadi terus-menerus akan mengeluarkan cairan dalam jumlah banyak. Kekurangan cairan inilah yang dapat menyebabkan fatal dan berujung pada kematian.

Umumnya penyakit diare berhubungan dengan kebersihan. Anak-anak rentan mengalami diare karena umumnya di usia ini masih bereksplorasi dengan kotor-kotoran. Bakteri dan virus yang menyerang pencernaan memungkinkan timbulnya diare. Namun diare dapat dicegah agar tidak menjangkit pada anak-anak. Berikut cara mencegah diare anak.

Menjaga Kebersihan Tangan
Tangan yang kotor menjadi sumber bakteri dan virus. Anak-anak harus dibiasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun hingga bersih sebelum makan. Biasanya di usia anak-anak akan senang sekali bermain tanah atau berkotor-kotoran. Biasakan juga untuk mencuci tangan setelah buang air kecil maupun buang air besar.

Tidak hanya anak-anak saja tetapi orang tua yang akan menyentuh anak harus mencuci tangan terlebih dahulu. Orang tua yang dari luar rumah biasanya akan langsung menyentuh anak apalagi masih balita menggemaskan. Padahal tangan dan tubuh yang masih kotor rentan terpapar bakteri dan virus dari luar.

Menjaga Kebersihan Tubuh
Tubuh yang bersih menjadi salah satu cara mencegah diare anak. Anak-anak yang tubuhnya bersih dan berpakaian bersih tidak akan mudah terkena penyakit. Setelah anak-anak bermain sebaiknya segera dibersihkan dan diganti pakaiannya jika terlihat kotor. Kuku anak yang panjang juga harus segera dipotong agar tidak menjadi sarang kuman.

Menjaga Kebersihan Makanan
Makanan dan minuman untuk seluruh anggota keluarga harus dipastikan terjaga kebersihannya. Apalagi anak-anak yang masih rentan jika bersinggungan dengan bakteri maupun virus. Biasanya anak-anak senang jajan. Biasakan anak-anak untuk memilih jajanan yang bersih dan tidak mengandung zat berbahaya.

Menjaga Kebersihan Rumah
Rumah yang bersih akan menjamin kesehatan bagi seluruh anggota keluarga. Kebersihan rumah yang terawat dengan baik mencegah penumpukan kuman penyakit. Anak-anak juga harus diajarkan untuk membersihkan rumahnya setiap hari. Bagian toilet yang lembab dan tempat buang air besar dan kecil wajib menjadi perhatian.

Meningkatkan Imunitas
Untuk mencegah diare anak maka imunitas tubuh harus dijaga dengan baik. Imunitas tubuh yang baik akan mencegah berbagai kuman penyakit seperti bakteri dan virus menyerang. Peningkatan imunitas tubuh untuk anak dapat dilakukan dengan memberikan makanan yang bergizi. Jika dibutuhkan diberikan tambahan vitamin dan suplemen makanan.

Waktu istirahat anak-anak juga harus diperhatikan. Anak-anak cenderung lebih suka bermain tanpa mengindahkan rasa capek. Biasakan anak-anak untuk memahami kapan waktu untuk bermain dan waktu istirahatnya. Anak-anak yang cukup waktu istirahat atau tidurnya biasanya lebih sehat.

Menjaga Kesehatan
Anak-anak yang sehat akan terhindar dari penyakit seperti diare. Orang tua harus dapat menjaga kesehatan anak dengan memberikan asupan yang bergizi. Jika mengalami sakit harus segera memperoleh penanganan secara tepat.

Diare merupakan penyakit yang dapat fatal akibatnya jika tidak ditangani dengan baik. Mencegah diare anak yang paling penting adalah menjaga kebersihan. Tubuh, pakaian, makanan, minuman dan rumah yang bersih terbebas dari kuman penyakit penyebab diare maupun penyakit lainnya.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)