Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Cara Pintar Pilah Pilih Berita Hoax Tentang Kesehatan Di Tahun 2020

Cara Pintar Pilah Berita Hoax Kesehatan

 

Cara Pintar Pilah Berita Hoax Kesehatan. Pembagian informasi menjadi lebih mudah di era digital. Namun tidak semua benar adanya. Sayangnya, sering kali berita dikemas dengan sangat menyakinkan dengan memberikan nama, tempat atau waktu terjadi sehingga orang pun dapat mudah percaya.

 

Lalu bagaimana sebenarnya langkah yang harus Anda lakukan supaya bisa menyaring informasi yang sebenar-benarnya?

 

Sifat Manusia Hanya Menerima

 

Menurut penelitian, berita hoax itu paling mudah dan cepat tersebar. Misalnya saja, jengkol bisa menyembuhkan kanker, main ponsel di tempat gelap bikin tumor mata, MSG membuat anak menjadi bodoh, jika ditusuk jarum maka stroke akan sembuh, dan masih banyak lagi kebohongan lainnya.

 

Sayangnya, orang yang menerima berita hoax kesehatan kebanyakan bersifat menerima, atau kurang kritis. Mereka mudah percaya dan tidak mencari tahu ke sumber yang lain. Cukup ketika menyebarkan informasi, si penulis menuliskan pengalaman pribadi, atau nama orang dengan titel panjang maka orang akan percaya. Padahal konten kesehatannya sendiri dia kurang paham.

 

Lebih Memilih Mencari Informasi Kesehatan Online

 

Memang saat ini informasi kesehatan bisa diperoleh dengan cepat dengan membuka browser di layar ponsel. Namun Anda sering tak sadar bahwa yang dilihat adalah berita bohong. Meski tak salah untuk mencari informasi penanganan pertama namun bukan berarti Anda tidak menemui dokter sama sekali jika sakit berlanjut atau makin parah.

 

Percaya dengan informasi hoax bisa membuat orang sembuh secara semu. Mungkin saja gejalanya berkurang, namun sebenarnya belum benar-benar hilang. Perlu disyukuri kalau langsung menemui dokter yang ahli. Alih-alih percaya pada rehabilitasi alternatif, malah gejala jadi lebih parah ketika terlambat menemui dokter.

 

Perhatikan Kaidah Penulisan Berita

 

Hal yang berkaitan dengan kaidah menulis memang bisa membosankan sehingga orang abai. Tapi sebetulnya bisa diperhatikan beberapa hal mengapa ini disebut berita hoax kesesehatan karena sudah umum punya pola yang sama sehingga mudah sekali menyebar dan membuat kegaduhan pembaca.

 

Berita yang ngotot untuk disebarkan pasti bohong. Dia akan menggunakan kata-kata provokatif seperti Sebarkan! Bikin Viral! atau Jangan berhenti di Anda! Artikel yang penuh tanda seru seperti ini akan membuat perhatian pembaca buyar karena secara emosional sudah diberikan kepanikan.

 

Biasakan menelusuri link, apabila tersedia, yang dicatut di berita. Kalau linknya tidak terlihat mencurigakan, maka bisa jadi link tersebut sebenarnya mati atau tidak sesuai isi artikel. Link yang berasal dari blog pribadi seseorang, misalnya, pun tidak bisa dianggap valid karena bisa merupakan isi hati atau opini yang tidak objektif.

 

Paling lucu sebenarnya berita hoax kesehatan diawali dengan judul mencengangkan, lalu informasinya berupa jualan produk. Namanya jualan tentu akan memamerkan barangnya, sehingga tidak bisa lagi dianggap valid informasinya kecuali memang dibuktikan dengan pemberitaan lain yang lebih akurat.

 

Aktif Mencari Informasi Lain

 

Poin ini berlaku untuk semua informasi. Selalu lakukan cek kembali atas semua informasi yang datang. Informasi bisa dikatakan valid ketika banyak yang menuliskan atau mengumumkan dengan isi yang tidak jauh berbeda. Anda perlu waspada jika hanya sedikit sekali informasi tersebut tayang di internet. Karena sesuangguhnya Anda pun belum tentu paham apa yang terjadi. Keraguan bisa mendatangkan petaka.

Saat ini sudah ada website yang bisa digunakan untuk mengecek apakah berita yang Anda peroleh benar atau tidak. Yang Anda harus lakukan hanya tinggal melakukan double check supaya lebih yakin.

 

Akhir kata, bijaklah dalam. Saring setiap informasi, dan jangan mudah membagikan konten yang Anda sendiri tidak yakini kebenarannya. Jangan sampai berita hoax kesehatan yang Anda bagikan luas.

 

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)