Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

Ampuh dan Aman! Inilah Obat Penurun Hipertensi yang Tersedia Untuk Anda

Ampuh dan Aman! Inilah Obat Penurun Hipertensi yang Tersedia Untuk Anda. Penderita yang memiliki tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk minum obat penurun darah agar tekanan darahnya menjadi normal. Pada beberapa penderita harus minum obat penurun darah tinggi ini seumur hidupnya. Tetapi ada juga yang tidak perlu rutin minum obat penurun tekanan darah namun harus selalu kontrol tekanan darahnya.

Darah tinggi atau hipertensi merupakan keadaan tekanan darah yang berada di atas 120/80 mmHg. Pada kondisi tekanan darah atau tensi yang tinggi tersebut umumnya penderita akan merasa pusing, mual dan muntah. Pada beberapa penderita dapat berakibat lebih fatal yaitu pecahnya pembuluh darah yang menjadi penyebab stroke.
Penggunaan terhadap obat penurun hipertensi ataupun tekanan darah tinggi, baik itu unsur tunggal maupun unsure kombinasi akan menjadi sebuah pilihan yang sangat wajib untuk selalu dipertimbangkan oleh para dokter. Pengendalian akan hipertensi ataupun tekanan darah tinggi sesuai target itu sudah sangat terbukti, yang mana hal tersebut bisa mencegah 35 – 40% kejadian kena stroke, 20 – 25% kena serangan jantung koroner serta lebih dari 50% kejadian kena gagal jantung.
Untuk memperoleh obat penurun hipertensi tekanan darah tinggi sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu. Melalui pemeriksaan ini dapat ditentukan obat mana yang tepat dan berapa dosisnya. Tetapi ada pula yang langsung datang ke apotek dan membeli obat penurun tekanan darah sendiri. Namun ini sangat tidak dianjurkan kecuali merupakan obat yang tetap. Berikut obat penurun darah tinggi yang biasanya diresepkan oleh dokter dan dapat diperoleh di apotek.

Beta Blockers
Hormon adrenalin dapat memicu kerja jantung menjadi sangat cepat. Obat-obatan golongan beta blockers akan menurunkan hormon adrenalin sehingga jantung menjadi lebih rileks. Secara otomatis akan berpengaruh pada aliran darah ke jantung yang tidak terlalu deras sehingga tekanan darah menjadi menurun. Obat-obatan golongan beta blockers yang tersedia di apotek yaitu Propranolol, Metoprolol tartrat, Bisoprolol fumarate dan Nebivolol.

Angiotensin
Obat-obatan golongan angiotensin atau ACE Inhibitor bekerja dengan cara mengurangi produksi hormon yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hormon angiotensin yang berkurang dapat memberikan efek mengendurnya pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun. Obat penurun hipertensi golongan ini yang tersedia di apotek adalah Captopril, Fosinopril sodium, Perindopril dan Trandolapril.

Diuretik
Jumlah cairan pembuluh darah yang berlebih di dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Cara kerja obat golongan diuretik ini yaitu membuang kelebihan cairan dan natrium yang ada di dalam tubuh. Efek dari obat ini yaitu akan merasakan sering buang air kecil. Obat golongan diuretik yang dipakai untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu Furosemide, Torsemide, Hydrochlorothiazide HCT dan Chlorothiazide.

Calcium Channel Blockers
Obat ini bekerja dengan cara mencegah agar kalsium tidak masuk ke jaringan otot polos jantung. Kalsium dapat membuat jantung dan pembuluh darah berkontraksi lebih kuat. Sehingga dengan adanya obat ini dapat membuat kerja jantung dan pembuluh darah menjadi lebih rileks. Yang termasuk dalam golongan obat ini adalah Amlodipin, Nifedipin, Felodipin, Diltiazem hydrochloride dan Verapamil hydrochloride.

Penderita tekanan darah tinggi harus mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan melakukan pola hidup sehat. Obat penurun darah tinggi yang tersedia di apotek tersebut dapat membantu mengontrol tekanan darah. Tetapi sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan obat dan dosis yang tepat.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)