Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

7 Makanan Alami Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

7 Makanan Alami Penambah Darah untuk Mencegah Anemia – Jika Anda sering merasanletih dan lemas, ada kemungkinan tubuh Anda mengalami kekurangan darah, yang dikenal juga dengan sebutan anemia. Anda perlu mengonsumsi asupan makanan yang kaya akan zat besi sebagai solusi menambah darah.

Di dalam tubuh, zat besi pada umumnya menjadi faktor utama penurunan sel darah merah. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh Anda kurang menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah zat yang ada pada sel darah merah, berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, seseorang yang kekurangan zat besi akan merasa mudah lelah dan
lemas.

Pada makanan yang Anda konsumsi, ada dua jenis zat besi yang diserap oleh tubuh, yaitu:
– heme, yang berasal dari hemoglobin (hb). Umumnya berasal dari makanan yang mengandung protein hewani, seperti ikan dan daging. Zat besi ini lebih mudah diserap oleh tubuh, terlebih jika dikonsumsi dengan makanan yang mengandung vitamin C.

– non heme. Berasal dari makanan yang mengandung protein nabati, seperti kacang-kacangan, kentang, dan lain-lain.
Anda perlu mengonsumsi makanan penambah darah yang mengandung zat besi yang tinggi agar tubuh tidak mengalami anemi atau kurang darah. Simak beberapa jenis makanan alami yang dapat membantu Anda mencegah anemia.

Daging Merah
Daging kambing maupun daging sapi merupakan daging merah penghasil zat besi heme. Terdapat kandungan 2,7 mg zat besi dalam setiap 100 gram daging merah. Jumlah ini telah memenuhi 15 persen kebutuhan sehari-hari.

Jeroan
Anda mungkin tidak menyukai bagian dalam organ hewan seperti jantung, hati, otak, dan ginjal. Padahal, kandungan zat besi yang tinggi terdapat pada bagian tersebut. Terdapat 6,5 mg zat besi yang ada pada 100 gram hati sapi, yang dapat memenuhi kebutuhan harian zat besi sebanyak 36 persen.

Daging Unggas
Daging unggas juga mengandung zat besi yang baik bagi penderita anemia. Tak hanya daging ayam, daging bebek juga termasuk makanan yang dibutuhkan untuk mencegah tubuh kekurang sel darah merah. Sebanyak 13 persen asupan yang disarankan bisa terpenuhi dalam tiap 100 gram daging ayam.

Seafood atau Boga Bahari
Zat besi yang tinggi juga terdapat pada makanan berjenis seafood, terutama tiram dan kerang. Anda bisa memenuhi 155 persen kebutuhan zat besi harian dalam setiap 100 gram kerang, atau sebanyak 24 mg zat besi. Namun, tak semua jenis kerang mengandung zat besi yang sama. Ada yang kandungannya renda, ada juga yang tinggi.

Sereal
Makanan sehat yang biasa disantap sebagai menu sarapan ini juga ternyata baik untuk mencegah anemia. Namun, Anda harus bisa memilih sereal yang diberi kandungan tambahan zat besi di dalamnya.

Sayuran Berwarna Hijau Gelap
Brokoli dan bayam termasuk jenis sayuran yang berwarna hijau gelap. Terdapat kandungan zat besi yang baik bagi tubuh pada kedua jenis sayuran ini. Untuk mendapatkan zat besi yang maksimal pada sayur bayam, Anda disarankam untuk memasaknya terlebih dahulu. Setelah melalui proses memasak, maka zat besi bisa lebih mudah diserap tubuh.

Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Kedua jenis makanan ini juga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh Anda. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang dapat memenuhi asupan zat besi harian Anda, seperti biji labu, biji wijen, kacang hitam, kedelai, dan lain-lain.

Pada orang hamil maupun yang sedang sakit, kebutuhan zat besi akan lebih tinggi dibandingkan situasi normal pada umumnya. Anda bisa lebih rutin mengonsumsi jenis makanan di atas untuk mencegah anemia dalam beberapa kondisi. Jika anemia terlanjur menyerang tubuh, segera konsultasikan pada dokter.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)