Skip to content

maryumiller

Rainkarnasi Kesehatan & Lingkungan Hidup

10 Manfaat Terong Belanda, Mengatasi Pencernaan hingga Mencegah Kanker

10 Manfaat Terong Belanda, Mengatasi Pencernaan hingga Mencegah Kanker – Di luar negeri, terong belanda dikenal dengan sebutan Tamarillo. Mengonsumsi terong belanda secara rutin menghasilkan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Sumber vitamin A dan C terdapat pada buah berwarna merah dan kuning ini.

Selain kedua jenis vitamin yang telah di sebutkan pada paragraf sebelumnya, buah terong belanda juga mengandung banyak nutrisi. Nutrisi yang terkandung pada buah yang sering kita temui di Indonesia ini di antaranya yaitu zat besi, kalium, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut sepuluh manfaat terong belanda yang akan Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya.
Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah yang satu ini mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu Anda mengatasi masalah pencernaan. Jika Anda rutin mengonsumsi terong belanda setiap hari, bisa membantu tubuh menyerap nutrisi dengan baik dan melancarkan

buang air besar.
Mengurangi Sembelit
Proses buang air besar yang sulit menimbulkan perasaan sembelit dalam diri Anda. Serat yang terkandung pada terong belanda bisa membantu Anda mengurangi rasa sembelit tersebut. Selain itu, serat dalam terong belanda juga bisa membuat fases melewati usus besar dengan lebih mudah.

Mencegah Kanker
Buah berwarna kuning dan merah ini memgandung antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut bisa mencegah segala jenis penyakit kanker dalam diri Anda. Terdapat sebanyak 1.659 jumlah antioksidan dalam setiap 100 gram buah terong belanda.

Jenis antioksidan yang terdapat oada terong belanda antara lain poplyohenolic, pigmen athocyanin, asam klorogenat, dan flavonoid. Antooksidan tersebut akan mencegah kerusakan pada semua sel tubuh akibat infeksi radikal bebas. Sehingga, tidak akan terjadi kerusakan pada DNA.

Mencegah Diabetes
Serat yang terdapat pada terong belanda bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Buah yang satu ini juga mengandung asam klorogenik yang sangat penting dalam mencegah timbulnya diabetes. Selain itu, terong belanda juga bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Penyakit diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi buah terong belanda setiap hari.

Penglihatan
Manfaat terong belanda juga akan terasa pada penglihatan mata Anda. Karotenoid dan vitamin A yang terdapat pada buah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan penglihatan, serta mencegah penyakit katarak terus berkembang.
Menjaga Metabolisme Tubuh

Terong belanda mengandung vitamin B yang sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Vitamin B kompleks merupakan kunci dari enzim metabolisme. Energi tubuh akan meningkat apabila Anda rutin mengonsumsi terong belanda.
Mencegah Darah Tinggi atau Hipertensi
Bagi Anda yang sedang diet, tetapi ingin makan makanan manis, terong belanda bisa menjadi solusi keinginan Anda. Buah rendah kalori ini memiliki kadar air dan serat yang tinggi, membuat Anda akan merasa kenyang dalam beberapa jam. Selain itu, sel-sel lemak dalam tubuh juga bisa dilawan dengan adanya serta yang tinggi dalam terong belanda.

Membuat Kulit Lebih Awet Muda
Terong belanda mengandung banyak vitamin C yang sangat penting bagi kulit. Keriput dan bintik-bintik penuaan bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi buah terong belanda.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Sama halnya dengan buah-buahan sitrus, buah yang satu ini juga banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Infeksi mikroorganisme dan bakteri infeksius bisa dilawan dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat akibat sering mengonsumsi vitamin C.

Demikianlah manfaat terong belanda yang bisa Anda dapatkan jika rutin mengonsumsinya setiap hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comments (0)